|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Research Report » PGSD Posted by [email protected] at 29/11/2016 13:03:18 • 679 Views
PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (PENELITIAN TINDAKAN KELAS SISWA KELAS V DI SDN 3 KREO TANGERANG)Created by :
Harlinda Syofyan, S.Si., M.Pd ( 0424027302 )
Subject: | PROBLEM SOLVING PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM | Alt. Subject : | STUDYING NATURAL SCIENCE | Keyword: | metode problem solving penelitian tindakan berpikir kritis |
Description:
Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang sangat penting dimiliki oleh
setiap siswa dalam pembelajaran. Untuk meningkatkan kemampuan ini, perlu adanya
upaya metode pembelajaran yang memungkinkan siswa melakukan observasi dan
eksplorasi agar dapat membangun pengetahuannya sendiri. Kemampuan berpikir kritis
merupakan salah satu modal dasar atau modal intelektual yang sangat penting bagi setiap
orang, selain itu kemampuan ini merupakan bagian yang fundamental dalam kematangan
manusia. Berpikir kritis adalah berpikir secara beralasan dan reflektif dengan menekankan
pembuatan keputusan tentang apa yang harus dipercayai dan dilakukan.
Untuk mencapai tujuan yang diharapkan guru dapat menerapkan metode pembelajaran
yang dapat meningkatkan berpikir kritis siswa, yaitu metode yang dapat memaksimakan
partisipasi peserta didik dalam pembelajaran IPA, yaitu metode yang lebih banyak
melibatkan siswa akan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan
berpikir kritisnya baik melalui pemahaman maupun aktivitasnya di kelas. Salah satu
metode yang dapat diterapkan untuk mencapai tujuan di atas adalah metode pembelajaran
dengan menggunakan metode pembelajaran problem solving. Metode Problem solving
merupakan suatu cara yang digunakan untuk memberikan rangsangan belajar kepada
peserta didik untuk dapat membuat mereka berpikir secara nyata dan menganalisis,
memecahkan masalah kemudian mengambil kesimpulan dari masalah yang ada dengan
langkah-langkah atau siklus 1) Identifikasi masalah, 2) Mencari data untuk memecahkan
masalah, 3) Menetapkan strategi dan hipotesis atau jawaban sementara, 4) Menguji
kebenaran hipotesis, 5) Membuat kesimpulan, dan 6) Adapun tujuan dari penelitian ini
adalah; Bagi Guru mata pelajaran IPA, penerapan metode pembelajaran IPA dengan
metode problem solving diharapkan dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran,
sehingga pembelajaran IPA akan tampak lebih menarik dan mendprong semangat belajar
siswa serta memperoleh hasil yang lebih baik; Bagi siswa penerapan metode pembelajaran
IPA dengan metode problem solving dapat mengembangkan daya berpikir kritis sehingga
pembelajaran IPA dapat mengembangkan daya berpikir kritis siswa sehingga pembelajaran
IPA lebih menarik, meningkatkan kemampuan untuk bersikap kritis; Bagi peneliti lain,
hasil penelitian ini diharapkan akan memacu untuk mengadakan penelitian lebih lanjut.
Contributor | : |
- Abdul Halim, S.Pd. M.Pd
| Date Create | : | 29/11/2016 | Type | : | Text | Format | : | pdf | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Research-0424027302_151116 | Collection ID | : | 0424027302_151116 |
Source : LAPORAN AKHIR PENELITIAN DOSEN PEMULA
Relation Collection: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Coverage : Civitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : @2016 LPPM
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/penerapan-metode-problem-solving-pada-pembelajaran--ipa-untuk-peningkatan-kemampuan-berpikir-kritis-siswa-penelitian-tindakan-kelas-siswa-kelas-v-di-sdn--3-kreo-tangerang-8105.html
[ Free Download - Free for All ]
...No Files...
[ FullText Content - Please, register first ]
1. UEU-Research-8105-HarlindaSyofyan.pdf - 2416 KB
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
No related subject found !
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 1
Total Visitor : 1970008
Hits Today : 5948
Total Hits : 154610781
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|